Wednesday, 20 February 2019

SEMANGAT MENULIS DI TENGAH GUYURAN HUJAN SORE HARI









Sore ini Rabu, tanggal 20 Februari 2019  hujan mengguyur deras kota Wonosari.  Halaman sekolah dan dan selokan-selokannya penuh air.  Namun sekelompok siswa ini terlihat tetap semangat meneruskan karyanya berupa cerpen dan puisi yang telah mulai ditulis beberapa waktu yang lalu.   



                                               Tetap serius meski diluar sana hujan deras


 Mereka adalah sekelompok siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler   Widyaksara Literasi Club.   Setiap Rabu sore seusai kegiatan belajar mengajar mereka berkumpul untuk membicarakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan.  Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti Pelatihan menulis, Bedah Buku dan membuat majalah dinding sekolah. 
Setiap pagi mereka bertugas piket di pojok baca, mengganti koran lama dengan baru dan mengunjungi kelas-kelas untuk meminjamkan buku jika ada siswa yang tidak membawa buku untuk dibaca pada jam literasi.
                                         Dipojok baca seorang anggota Widyaksara sedang menyampaikan sebuah                                           artikel dari majalah Nasional Geografi




                                     Mendikusikan sebuah artikel  saat jam literasi di perpustakaan sekolah.


Ada target yang harus mereka selesaikan, yaitu  buku kumpulan puisi dan cerpen.   Buku itu akan diterbitkan bersama buletin sekolah pada hari ulang tahun sekolah  bulan April yang akan datang.   Target yang membuat mereka menjadi semangat untuk segera menyelesaikan tulisannya.   Bagi sebagian orang menulis adalah pekerjaan yang sangat sulit, tapi sebagian yang lain merasa bahwa menulis merupakan refresing dari kejenuhan dikejar rutinas pekerjaan setiap hari. 

Mereka terlihat serius, meski sesekali  tersenyum saat menuliskan kisah, atau membaca hasil karya temannya.    Ada cerita atau kisah-kisah yang lucu rupanya.   
Tanpa terasa sore menjelang , mereka  pulang membawa semangat bahwa buku mereka harus jadi dan segera diterbitkan.  Semoga.


0 comments:

Post a Comment