Tuesday, 23 July 2019

Pak Arifin, Sang Juara dari SMADA


SMA Negeri 2 Wonosari patut berbangga dengan prestasi yang diraih salah satu guru terbaiknya, yakni pak Arifin SAg.MPdI.MBA di tahun 2019 berhasil meraih juara 1 guru berprestasi tingkat kabupaten Gunungkidul, dan meraih juara 1 di tingkat DIY dan akan maju di tingkat nasional. Mari kita simak kisah perjalanan hidup dari beliau :

ARIFIN lahir di Jepara pada tahun 1973. Pendidikan S 1 ditempuh di IAIN Sunan Kalijaga. Dia mengawali kariernya sebagai pendidik pada tahun 1997 di SD Muhammadiyyah Sapen Yogyakarta hingga tahun 2004. Tahun 2005 hingga tahun 2006 dia diserahi tugas menjadi kepala sekolah di SD Muhammadiyah Purwodiningratan I Yogyakarta. Tidak lama menjadi kepala sekolah, pada tahun 2006 dia diangkat menjadi PNS di kabupaten Gunungkidul, yaitu di SMA Negeri 1 RongkopDua tahun dia mengabdikan dirinya di Rongkop, lalu berpindah ke SMA Negeri 2 Wonosari hingga sekarang.
Arifin  memiliki hobi menulis, hobi menulisnya dimulai ketika dia suka mengirimkan artikel di majalah dan surat kabar. Beberapa tulisannya pernah dimuat di beberapa majalah dan surat kabar, terutama surat kabar Kedaulatan Rakyat yang terbit di wilayah DIY - Jateng.
Dia juga menulis beberapa buku, diantaranya berjudul Guru Tanpa Kertas: Keteladanan, Inovasi, dan Inspirasi (Cipta Media Edukasi : 2017), Dosa Pedagogis Guru (Penebar Media Pustaka: 2018), Kemiskinan Bukanlah Penghalang Kesuksesan (Penebar Media Pustaka: 2018), Peaceful Short Speech (Penebar Media Pustaka: 2018), Think Like A Proton ( Kun Fayakun:2018),  The Pursuit of Happiness (Intishar:2019), Education of Islamic Religion and Noble Character :Book One (Penebar Media Pustaka: 2019), Education of Islamic Religion and Noble Character :Book Two (Penebar Media Pustaka: 2019), dan Boosting Moral Reasoning : Pengembangan Model Pembelajaran NALARKu untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Moral Peserta Didik (Penebar Media Pustaka:2019).
Dari hobi menulis itu dia memperoleh program beasiswa di dalam dan luar negeri. Pada tahun 2009 dia memperoleh kesempatan mengikuti Short Course di University of Massachussets Amherst USA dalam kerangka pertukaran guru Indonesia-Amerika.  Pada tahun 2012 dia menyelesaikan pendidikan pasca sarjana di bidang Psikologi Pendidikan Islam di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan bantuan beasiswa dari Kementerian Agama RI, dan pada tahun yang sama dia juga kuliah pasca sarjana di Magister Manajemen UGM yang dia selesaikan pada tahun 2013 dengan beasiswa penuh dari Kemendikbud R.I.  Dia menyelesaikan kedua pasca sarjananya dengan prestasi akademik cum laude dan memperoleh penghargaan sebagai wisudawan terbaik di UMY maupun di UGM.

Pada tahun 2015 dia memperoleh penghargaan sebagai guru PAI SMA terbaik dari Kementerian Agama Wilayah D.I.Yogyakarta. Dan pada tahun 2019 dia mewakili propinsi D.I.Yogyakarta untuk maju ke tingkat nasional dalam lomba Guru Berprestasi tingkat nasional yang diselenggarakan pada tanggal 12-18 Agustus 2019 di Jakarta. Sekolah memberikan apresiasi dan dukungan moril serta mendoakan untuk kesuksesan pak Arifin  di tahap berikutnya .Semoga juara di tingkat nasional pak Arifin......aamiin....

0 comments:

Post a Comment