A. VISI
Indikator Keberhasilan Visi:
Ketercapaian visi dapat dilihat dari meningkatnya keimanan
dan ketaqwaan warga sekolah, berkembangnya karakter mulia sesuai Profil Pelajar
Pancasila, terpeliharanya nilai-nilai luhur budaya Yogyakarta, meningkatnya
kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan alam dan sosial, meningkatnya daya
saing serta prestasi guru dan siswa di berbagai bidang.
Indikator Keberhasilan Visi Setiap Elemen :
1. Berkarakter
Ketercapaian visi elemen karakter dapat dilihat dari
meningkatnya keimanan dan ketaqwaan warga sekolah, berkembangnya karakter mulia
siswa sesuai nilai-nilai profil pelajar Pancasila, dan terwujudnya siswa yang
disiplin, jujur, rajin, tangguh dan bertanggung jawab (good citizenship).
2. Berbudaya
Ketercapaian visi elemen berbudaya dapat dilihat dari
meningkatnya penerapan nilai-nilai budaya luhur Yogyakarta dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekolah, meningkatnya kepedulian warga sekolah
terhadap lingkungan alam, sosial dan budaya hidup sehat, serta tumbuhnya budaya
damai di sekolah.
3. Berdaya saing global
Ketercapaian visi elemen Berdaya Saing Global dapat dilihat dari meningkatnya daya saing serta prestasi guru, tenaga kependidikan dan siswa di berbagai bidang, baik dalam pengelolaan pembelajaran, kemampuan literasi numerasi, bahasa asing, kecakapan 4 C (cretivity, critical thinking, collaboration, communication), kemampuan Teknologi Informasi, prestasi akademik dan non akademik, serta kemampuan bersaing dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di level nasional dan internasional
B. MISI
- Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama sesuai keyakinan masing-masing secara konsisten.
- Mengembangkan kegiatan pembinaan karakter mulia untuk mewujudkan siswa yang berwatak ksatria, disiplin, jujur, rajin, ulet, gigih, tangguh, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab selaras dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.
- Menerapkan nilai-nilai budaya luhur Yogyakarta dalam kehidupan seharihari di lingkungan sekolah dalam upaya mewujudkan interaksi pendidikan yang humanis, bertata krama, dan sopan santun dalam bersikap, berbicara dan berperilaku.
- Mewujudkan sekolah yang sehat dan berwawasan lingkungan hidup (adiwiyata) yang kokoh dan selaras.
- Menumbuhkembangkan budaya damai, anti kekerasan dan perundungan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kebersamaan.
- Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkarakter, berbudaya, profesional, tangguh dan sejahtera.
- Melengkapi sarana-prasarana sekolah dan menata lingkungan pendidikan yang aman, nyaman serta menginspirasi.
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan berbahasa asing, serta kemampuan kepemimpinan dan organisasi.
- Mengembangkan proses pembelajaran yang bersifat interaktif, inspiratif dan menyenangkan yang mampu meningkatkan kecakapan berpikir kritis, kreatifitas, kolaborasi dan komunikasi serta kemampuan literasi dan numerasi.
- Menyelenggarakan kegiatan pembinaan bakat-minat akademik dan nonakademik siswa secara optimal sehingga mampu meraih kejuaraan dalam kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasioanal atau lembaga sederajat.
- Menyelenggarakan kegiatan layanan pembinaan life skills dan pendampingan studi lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta Nasional dan Internasional serta Sekolah Kedinasan, baik level nasional maupun internasional
SMA Negeri 2 Wonosari memiliki tujuan untuk:
- Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkarakter, berbudaya, profesional, tangguh dan sejahtera sehingga mampu memberi layanan pendidikan maksimal untuk siswa.
- Melengkapi sarana-prasarana sekolah dan menata lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, serta menginspirasi.
- Membentuk siswa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kokoh dan konsisten kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Membentuk siswa yang berwatak ksatria, disiplin, jujur, rajin, ulet, gigih, tangguh, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab selaras dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.
- Membentuk siswa yang mampu menerapkan nilai-nilai budaya luhur Yogyakarta dalam kehidupan sehari-hari yang humanis, bertata krama, serta sopan santun dalam bersikap, berbicara dan berperilaku.
- Menghasilkan siswa yang memiliki rasa percaya diri dan pikiran terbuka (growth mindset) dalam berinteraksi dengan budaya lain.
- Membentuk siswa yang memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan lingkungan yang sehat dan pelestarian lingkungan hidup.
- Mencetak siswa yang mampu menerapkan prinsip-prinsip budaya damai, anti kekerasan, torelan serta kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.
- Membentuk siswa yang memiliki kemampuan dalam berpikir kritis, kreatifitas, kolaborasi dan komunikasi serta kemampuan literasi dan numerasi berbasis teknologi informasi.
- Membentuk siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang unggul sesuai dengan Capaian Pembelajaran dan Standar Kompetensi Lulusan.
- Menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan komunikasi dalam bahasa asing sehingga mampu bersaing di tingkat global.
- Membentuk siswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik sesuai bakat dan minatnya sehingga mampu meraih kejuaraan dalam kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasioanal atau lembaga sederajat 10 % lebih baik dari tahun sebelumnya.13.Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta serta Sekolah Kedinasan 10 % lebih baik dari tahun sebelumnya.
Maju Bersama Smada PrimaE. MANAJEMEN SEKOLAH
Gambar Struktur Organisasi SMA Negeri 2 Wonosari
0 comments:
Post a Comment